Senin, 22 Oktober 2012

Cegah Keracunan Makanan Saat Hamil



Ketika hamil, Anda harus lebih memperhatikan makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Dengan begitu Anda dapat menjaga diri dan janin dalam kandungan terhadap keracunan makanan.
Keracunan makanan bisa diakibatkan bakteri, seperti salmonella dan listeria. Bakteri ini bisa berdampak buruk terhadap janin dalam kandungan. Nah, agar calon bayi dalam kandungan tetap sehat, berikut beberapa makanan yang 'wajib' dipantang untuk sementara waktu:

- Keju yang soft mold-ripened (Brie dan Camembert), keju yang tidak dipasteurisasi atau dipanaskan sampai suhu 80ÂșC (seperti pada kebanyakan Parmesan), serta keju blue-veined (Stilton dan Danish Blue), sebab bisa menjadi tempat berlabuhnya listeria. Keju Cheddar dan keju cottage boleh tetap dikonsumsi karena aman.

- Salad dalam kemasan, seperti salad daging dengan dressing dan sebagainya, yang dijual dalam lemari berpendingin di toko atau restoran.

- Telur mentah atau setengah matang dan makanan yang menggunakan telur dalam keadaan seperti itu, misalnya mayonnaise buatan sendiri dan tiramisu, sebab bisa mengandung salmonella.

- Daging mentah atau setengah matang, dan susu yang tidak pasteurisasi untuk menghindari toksoplasmosis (parasit yang bisa menyebabkan infeksi).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar